Selasa, 21 Juni 2011

TEORI LINGUISTIK FERDINAND DE SAUSSURE
Ferdinand De Saussure (1858-1913) adalah seorang linguis Swiss yang sering disebut dengan Bapak atau Pelopor Linguistik Modern. Bukunya yang terkenal Course de Linguistique generale (1916) diterbitkan oleh murid-muridnya, Bally dan Schehaye, berdasarkan catatan kuliah, setelah beliau meninggal.
De Saussure disebut sebagai “Bapak Linguistk Modern” karena pandangan-pandangannya yang baru mengenai studi bahasa yang dimuat dalam bukunya itu. Pandangan-pandangannya itu antara lain:
·         Telaah sinkronik dan diakronik dalam studi bahasa.
·         Perbedaan langue dan parole.
·         Perbedaan signifiant dan signifie, sebagai pembentuk signe’ linguistique.
·         Hubungan sintakmatik dan hubungan asosiatif atau paradigmatik.[1]
De Saussure membedakan antara parole, langue, dan langage. Ketiganya dapat dipadankan dengan kata “bahasa” dalam bahasa Indonesia, tetapi dengan pengertian yang sangat berbeda. Parole adalah bahasa yang konkret yang keluar dari mulut pembicara. Jadi, sifatnya yang konkret itu maka parole itu bisa didengar. Sedangkan langue adalah bahasa tertentu sebagai satu sistem tertentu seperti bahasa Inggris atau bahasa Jawa (Simanjuntak (1987) menggunakan istilah bahasa). Jadi, sifatnya yang abstrak; hanya ada dalam otak penutur bahasa yang bersangkutan. Sedangkan langage adalah bahasa pada umumnya sebagai alat interaksi manusia seperti tampak dalam kalimat “ manusia punya bahasa, binatang tidak”. Jadi, langage ini juga bersifat abstrak.
Menurut De Saussure linguistik murni mengkaji langue, bukan parole maupun langage. Adapun alasan De Saussure mengkaji langue adalah sebagai berikut:
·         Langue bersifat sosial sedangkan parole bersifat individual. Kedua sifat ini saling bertentangan. langue berada dalam otak.belajar langue bersifat sosial dalam pengertian sinkronik, sedangkan parole bersifat idio sinkronik karena ditentukan secara perseorangan.
·         Langue bersifat abstrak dan tersembunyi di dalam otak, sedangkan parole selalu bergantung pada kemauan penutur dan bersifat intelaktual.
·         Langue adalah pasif, sedangkan parole adalah aktif.

Jadi, menurut De Saussure linguistik haruslah mengkaji langue karena langue adalah fakta sosial, sedangkan parole merupakan perlakuan individual, dan hanya merupakan embrio dari langage. Dengan kata lain, apa yang keluar dari mulut penutur dalam bentuk kalimat-kalimat selalu berubah-ubah dan bersifat idiosinkretis. Sedangkan langue menurut definisi De Saussure adalah satu sistem tanda atau lambang yang arbitrer, dan digunakan untuk menyatakan ide-ide, serta mempunyai aturan-aturan. Dengan kata lain, langue merupakan satu sistem nilai murni yang terdiri dari pikiran yang tersusun yang digabungkan dengan bunyi.
Yang paling penting pada teori linguistik De Saussure adalah mengenai signe’ linguistique atau tanda linguistik karena bahasa merupakan sebuah sistem tanda. Menurut De Saussure tanda linguistik adalah sebuah maujud psikologis yang berunsur dua yaitu signifie’ atau konsep atau petanda, dan signifiant atau imaji bunyi atau penanda (istilah petanda dan penanda dari Kridalaksan, 1989). Kedua unsur ini terikat erat sehingga yang satu selalu mengikat yanng lain, atau sebaliknya. Ada beberapa ciri dari signe’ linguistique ini yaitu sebagai berikut:
·         Tanda linguistik bersifat arbitrer, maksudnya adalah hubungan antara satu petanda atau konsep dengan satu penanda atau imaji bunyi bersifat kebetulan. Namun, tanda linguistik itu tidak dapat diubah, tetapi sistem bahasa dapat berubah.
·         Penanda (signifiant) dari suatu signe’ linguistique itu merupakan satu bentangan (span) yang dapat diukur dalam satu dimensi atau merupakan satu garis, satu perpanjangan. Ini berarti bahwa bahasa dapat dianggap sebagai satu deretan atau urutan (sequence).
·         s mempunyai pergandaan yang tidak dapat dihitung. Dengan kata lain tanda linguistik jumlahnya tidak terbatas.



[1] Abdul Chaer, Psikolinguistik Kajian Teoritik, Rineka Cipta, Jakarta, hal 66.

1 komentar:

  1. Sports Betting 101: What Are Sports To Do? - Sporting 100
    If you're a professional sports bettor, or just looking to take 토토 사이트 코드 a spin on the world of sports betting, don't forget to check out our handy guide

    BalasHapus